Kamis, 16 Februari 2012

Alternate Shell Safe Mode

    Virus biasanya tidak akan dapat aktif bila kita masuk ke safe mode. Itu biasanya! Pada perkembangannya, virus ternyata juga sudah mulai melebarkan sayapnya, mencekal (cegah dan tangkal ) beberapa penanganan safe mode dengan memasangkan pemicu filenya pada beberapa subkey registry. Dengan cara ini, virus akan tetap dijalankan dan mencegah pemakai untuk masuk ke modus SAFEmode! Lokasi subkey registry yang diserang adalah:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot

      Pada subkey SafeBoot ini akan terdapat suatu nama value yang bernama AlternateShell. Dengan jenis datanya adalah string. Kita lihat isian standarnya adalah CMD.EXE. Jika tidak berisi data tersebut, ada kemungkinan file yang ada di situ adalah file virus. Waspadalah! Misalkan hal itu terjadi, klik ganda nama value tersebut dan pada isian Value data ubahlah menjadi berisi CMD.EXE. Klik OK. Beres! Yang perlu mendapat perhatian! Virus umumnya juga akan menyerang subkeysubkey yang sejenis. Artinya begini, virus juga akan menyerang lokasi registry lain yang menyimpan data-data SafeBoot, biasanya memang terdapat lebih dari satu kontrol ini. Lokasi lain yang diserang adalah:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot


HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet003\Control\SafeBoot

     Jadi, bergantung pada komputer tersebut mempunyai berapa subkey ControlSet00X. X di sini mewakili angka 1, 2, dan seterusnya. Dengan diubahnya data pada nama value AlternateShell, maka biasanya komputer akan gagal masuk ke SAFE MODE, malahan menjalankan file virus!
     Jika virus menyerang dan kita gagal masuk ke modus safe mode, maka subkey-subkey alternate shell ini wajib kita periksa. Jika isi datanya aneh, tidak standar, maka ubahlah isiannya dengan CMD.EXE. Biarpun manipulasi ini terkesan kasar dan kejam, namun apa boleh buat, pencegatan masuk ke safe mode ini, wajib dilakukan. Karena akan membuat virus lebih aman dan terjaga eksistensinya!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar